Selasa, 25 Agustus 2009

Website

Website adalah kunci atau nyawa dari bisnis online oleh karena itu kita harus paham betul apa itu website dan untuk tujuan apa website kita buat. Karena begitu banyaknya lahan bisnis di bisnis online kita harus mengerti karakteristik dari masing-masing bisnis tersebut sehingga apa yang kita rencanakan dalam pembuatan website sesuai sasaran atau tujuan dari pembuatan website tersebut.
Hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat website adalah sebagai berikut :
  1. Kita harus punya tujuan jelas untuk apa kita membuat website misal: untuk profil usaha, publisher, afiliasi, berita, toko online, forum, penjualan hanya untuk satu jenis produk (misal e-book, software, jasa, dll)atau sekedar informasi pribadi dll. Sehingga jika kita sudah menetapkan tujuan yang jelas maka kita lebih nyaman untuk mendesain dan mengisi content yang akan kita buat.
  2. kita harus tahu apa itu domain, hosting, ftp dan website builder. Bagaimana memilih kriteria yang cocok tentang keempat hal tersebut diperlukan pengetahuan khusus . Namun apabila kita tidak mau dipusingkan oleh 4 hal tsb kita harus mengeluarkan anggaran tersendiri untuk pembuatan website. Sebaiknya kita belajar sendiri cara untuk membuat website karena sekarang banyak tool2 penunjang untuk pembuatan website sehingga tidak membutuhkan waktu bertahun2 atau harus sekolah formal untuk belajar. Semua serba instant dan mudah untuk dipelajari dan dibuat.
  3. Website harus mempunyai content yang baik dan spesifik.
  4. Website harus mudah diakses dan informatif (mudah dibuka dan nggak pake lama) Jika terlalu banyak gambar dan berat maka pengunjung akan malas untuk kembali.
  5. Website tidak mempunyai link yang rusak/ nggak bisa dibuka atau page not found.
Setelah mendesain dan membuat website kita harus :

  1. menguji dan memantau performance atas kualitas website kita yang meliputi kecepatan download, kualitas link (yang baik/rusak) dll.
  2. Memasang tracking dan monitoring (memasang web analytic) untuk memantau trafik, popularity link (inbond/outbond) dan posisi web kita di search engine.
Postingan ini adalah gambaran umum dalam membuat website. untuk detailnya akan dibahas selanjutnya.

2 komentar:

  1. Website adalah rumah bisnis, website adalah toko online dan sekaligus kantor online.

    Semoga mendapat apa yang dicari.

    BalasHapus
  2. Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

    BalasHapus